Aku dan LPDP, Sinergi dalam Budaya Kerja

“Budaya kerja”, kalimat yang sudah akrab kita kenal, namun belum akrab kita lakukan. Lalu apa sih sebenarnya budaya kerja itu?. Jangan-jangan kita yang sudah bekerja pun belum tahu apa itu budaya kerja.

Menurut Drs. Gering Supriyadi, MM dan Drs. Tri Guno, LLM,  Budaya kerja merupakan suatu falsafah dengan didasari pandangan hidup sebagai nilai-nilai yang menjadi sifat, kebiasaan dan juga pendorong yang dibudidayakan dalam suatu kelompok dan tercermin dalam sikap menjadi perilaku, cita-cita, pendapat, pandangan, serta tindakan yang terwujud sebagai kerja.

Perilaku yang biasa kita lakukan di Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan wujud dari budaya kerja. Tujuan budaya kerja ini adalah untuk mengubah sikap dan juga perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatkan produktivitas kerja untuk menghadapi berbagai tantangan dimasa yang akan datang.

Selama bekerja di LDPD, Alhamdulillah Aku merasakan atmosfer Sumber Daya Manusia yang luar biasa. Sumber Daya yang luar biasa inilah yang membentuk nilai-nilai positif yang baik untuk diterapkan. Pegawai-pegawai yang semangat membuat aku menjadi ikut bersemangat, karena seperti yang kita ketahui bahwa semangat itu bisa menular.

Manfaat dari penerapan Budaya Kerja yang baik diantaranya adalah meningkatkan Jiwa Gotong Royong diantara pegawai LPDP, Setiap pegawai mempunyai rasa saling memiliki (Sense of Belonging) sehingga sifat kerja sama dapat saling tumbuh satu sama lain. Manfaat lain yang bisa aku rasakan adalah manfaat Kebersamaan sebagai keluarga, antar pegawai saling terbuka satu sama lain dengan meningkatkan jiwa dan rasa kekeluargaan.

Budaya kerja yang baik akan membangun komunikasi yang lebih baik sehingga meningkatkan produktivitas kerja dan tanggap terhadap budaya luar. Produktivitas tinggi akan menghasilkan timbal balik yang maksimal, seperti tanggapan positif penerima bea siswa, masyarakat daerah penerima rehab, dan Tanggapan positif lingkungan sekitar.

Test_wallpapers

Selama Menggali ilmu di LPDP, setidaknya ada lima budaya kerja yang wajib dilakukan oleh pegawai LPDP, yaitu sebagai berikut:

1. Satu Informasi setiap Hari

Aku dan LPDP bisa berkembang dengan Setiap hari mencari informasi yang positif dan membaginya dengan pegawai lainnya. Singergisitas ini Misalnya terkait SOP pembayaran Beasiswa yang terbaru, maka saat memperoleh informasi ini, aku membaginya ke pegawai lain agar semua bisa mengetahui dan pekerjaan bisa berjalan sesuai dengan SOP tersebut.

2. Dua Menit Sebelum jadwal

Aku dan LPDP bisa disiplin dengan hadir di ruang/tempat rapat dua menit sebelum rapat dimulai sesuai dengan jadwal. Sinergi diwujudkan dengan saling mengajak sesama pegawai untuk menghadiri rapat atau dalam hal-hal yang dianggap biasa seperti saling mengingatkan untuk melaksanakan ibadah dan kegiatan positif lainnya.

3. Tiga Salam Setiap Hari (Selamat Pagi, Siang, dan Sore)

Aku dan LPDP bisa terwujud harmonisasi saat setiap pegawai saling sapa, senyum, dan sopan. Harmonisasi dalam sinergi yang terhubung dengan menebarkan senyum, salam, sapa. Jabat tangan sesama pegawai dapat menambah rasa kekeluargaan.

4. Empat tahapan Proses Manajemen, yaitu rencanakan (Plan), Kerjakan (Do), Monitor (Check), dan tindaklanjuti (Action).

Aku dan LPDP terorganisasi saat senantiasa menerapkan etos kerja dan prinsip manajemen/organisasi yang baik. Saling mengembangkan peran antar pegawai, baik sebagai perencana, pelaksana, dan pengambil keputusan.

5. Lima Disiplin Kerja (Ringkas, Rapi, resik, rawat, rajin)

Aku dan LPDP akan senantiasa terawat saat ruang tertata dan dokumen kerja ringkas, rapi, resik, rawat, dan rajin. Inventarisasi terjaga, Informasi terlindungi, dan kebersihan terjaga merupakan wujud kerjasama antar pegawai.

Sinergi Terkandung makna bahwa Pimpinan dan Seluruh pegawai di lingkungan LPDP memiliki komitmen untuk membangun dan memastikan hubungan kerjasama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan, untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas.

Sinergi Dalam Budaya kerja inilah yang diidamkan oleh organisasi sehebat LPDP, Ibarat sebuah mobil yang bergerak dengan empat buah roda yang berputar dengan kecepatan yang sama, mengarah pada arah yang sama, dan saling beriringan satu dengan lainnya. Sinergi membuat ke empat roda dari sebuah mobil yang bernama perusahaan ini dapat melaju dengan kencang ke arah yang ditentukan dan saling mendukung satu sama lain.

Kedepannya, Semoga para pegawai mampu mengaplikasikannya dalam organisasi, dan menciptakan sinergi yang optimal, sehingga organisasi ini mampu menggapai impian-impian yang mungkin bagi sebagian organisasi lain dirasa mustahil. Tidak ada yang mustahil dalam dunia ini selama kita memiliki rencana yang matang dan didukung oleh pegawai yang mampu bekerja secara sinergis untuk menggapai impian bersama. InsyaAllah, beberapa tahun kedepan LPDP akan menjadi organisasi yang kokoh yang diisi oleh pegawai-pegawai berkualitas.

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.” (QS. Ash-Shoff [61] : 4)

Aku.. Kerja Keras,
Karena Aku sadar LPDP adalah lembaga yang membutuhkan tenaga-tenaga yang berkualitas.
Aku.. Kerja Ikhlas,
Karena Aku Mengerti dalam setiap langkah gerak adalah Ibadah.
Aku… Kerja Tuntas,
Karena Aku Memahami dalam setiap kesuksesan ada hasil yang akuntabilitas.

Leave a Reply

Saya Yakin Anda Juga Tertarik Membaca:close