Di Jalan Perjuangan kita Bercerita

Alhamdulillah, Setelah melewati satu tahun masa menunggu semenjak yudisium, akhirnya tiba juga saat pengumuman penempatan. Diawali dengan kejelasan untuk mengikuti test kemampuan dasar (TKD) sampai  dengan pemberkasan.

Kabar bahagia untuk teman-teman STAN angkatan 2009, kesempatan untuk menggali pengalaman dan berkarir telah dimulai. Para pemuda harapan orang tua dan bangsa telah kembali ke jalan meraih cita-cita yang diimpikannya.

Kementerian keuangan yang selama ini kekurangan pegawai pun akhirnya bisa diperkuat lagi dengan tenaga-tenaga muda untuk memperkokoh pengawasan keuangan dan penerimaan negara. Satu tahun tidak menerima pegawai muda dari STAN, membuat sedikit pengaruh terhadap sumber daya manusia sehingga mengakibatkan menurunnya jumlah penerimaan negara.

Alokasi penempatan tahun 2013 dibutuhkan berdasarkan kebutuhan masing-masing unit instansi. Untuk meningkatkan penerimaan negara, dibutuhkan pegawai di lingkungan pajak dan bea cukai yang cukup banyak. Karena alasan itu, Alokasi penerimaan di kedua instansi tersebut terbilang naik daripada tahun lalu.

lulus stan copy

Dimanapun bekerja, tumbuhkanlah harmoni

Masa-masa menunggu pengumuman penempatan memang mendebarkan. Bayangan masa depan secara tidak langsung bisa dilihat di instansi mana akan bekerja nanti. Ada juga yang belum siap ditempatkan di daerah luar jawa, ada yang tidak menghendaki di instansi-instansi tertentu karena tidak sesuai dengan hati nurani, ada yang tidak suka dengan instansi yang take home pay nya dirasa kurang cukup, dsb.

Setelah pengumuman penempatan, reaksi yang ditunjukkan memang bermacam-macam. Ada yang sangat senang, dan ada pula yang sebaliknya. Hal ini sangat wajar, karena setiap orang akan mereaksi apa yang telah diterima. Bagi yang tidak sesuai dengan pilihan, mereka akan segera membuat pandangan baru tentang masa depannya, bagi yang memang sudah sesuai dengan pilihan, bisa memantapkan lagi jalannya.

Menatap masa depan memang penuh misteri. Kita tidak pernah tahu betapa Allah mengatur kehidupan ini. Ketika kita terbiasa dengan kalimat sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain, sebenarnya alasan untuk tidak semangat bekerja ditempat mana pun sudah bisa kita singkirkan.

Sebagai keluarga besar kementerian keuangan, menjadi pundi-pundi penegak keuangan negara adalah suatu keniscayaan. Setiap instansi mempunyai pengaruhnya masing-masing, berusaha maksimal di instansi mana pun tujuannya adalah memperkuat posisi sang Induk, yaitu kementerian keuangan itu sendiri.

Jadi sebagai kesatuan, dibutuhkan harmoni kinerja antar pegawai antar instansi. Ketangguhan para punggawa penerimaan negara di Pajak dan bea cukai, kecerdasan para pemeriksa di inspektorat, kestabilan para pengatur kebijakan, dan kegigihan para penjaga keuangan negara.

Mari tumbuhkan Harmoni, Ikhlas mengabdi untuk negeri, jadilah bermanfaat di lingkungan yang baru, tumbuhkan peran, dan sebarkan keberkahan. Selamat Berjuang di jalan masing-masing, semoga bisa dijadikan cerita hidup di generasi penerus nanti. InsyaAllah.

One Comment

  1. anas isnaeni September 13, 2013 9:41 am Reply

    Muga2 lancar mengemban amanah nggih, ing kantor baru…
    Semangat

Leave a Reply

Saya Yakin Anda Juga Tertarik Membaca:close