Gede Expedition: Khatam Al-Quran Bersama Edelweiss

Gede Expediton, sebuah Judul di WA (WhatsApp) yang baru saja dibuat oleh teman sependakian ke gunung Gede 6-8 Juni 2014 kemarin. Judul ini pula yang akan saya gunakan untuk menulis perjalanan ke puncak gunung Gede (2.958 Mdpl) dari mendaki sampai turun.  Tema Pendakian adalah ‘Khatam Al-Quran Bersama Edelweiss’ dengan peserta dari Rumah Al-Quran Indonesia.

Pendakian ini adalah pertama kali bagi saya. Dengan niat untuk menambah teman dan menghapus penasaran bagaimana kesan mendaki gunung, saya pun berniat untuk berangkat. Apalagi mendapat dorongan dari teman dan istri yang merupakan ‘doping’ tersendiri bagi saya untuk menuntaskan tantangan ini.

Motivasi lain untuk ikut pendakian ini adalah untuk merealisasikan salah satu dari 100 impian yang saya buat di daftar impian. Mendaki  gunung merupakan impian saya ke 12. Mungkin kesempatan pendakian ini juga berasal dari pengaruh impian-impian yang dituliskan dengan jelas. Saya yakin, Allah memudahkan untuk mewujudkannya ketika hambanya berazzam dan berprasangka dengan baik. Jalan-jalan akan senantiasa dimudahakan tanpa kita tahu bagaimana Allah membukanya. Semoga ini bisa menjadi pintu untuk merealisasikan impian-impian yang lain.

IMG_20140612_053312

Gede sabare Gede Ikhlase

Gunung Gede merupakan gunung yang berada di pulau jawa, tepatnya di wilayah tiga kabupaten yaitu kabupaten bogor, cianjur, dan sukabumi. Puncak tertinggi berada di 2.958 Mdpl. Gunung ini banyak diselimuti oleh hutang pegunungan, dan saya baru tahu bahwa hutan pegunungan di kawasan ini merupakan salah satu yang paling kaya jenis floranya di Indonesia.

Pendakian ini diikuti oleh Peserta Rumah Quran Indonesia dengan jumlah 43 orang. Dari semua peserta, terdapat perwakilan dari Rumah Quran Depok, Bintaro, Pasar Minggu, dan beberapa ada yang dari universitas seperi LIPIA, STAI Indo, dan STAN. Senang bisa kenal dengan mereka, selain para hafidz/hafidzah mereka juga aktif di KAMMI, Garuda Keadilan, pengusaha, dll.

Sebelum pendakian, pembukaan dilakukan oleh ustad Fadlil Usman (Pimpinan Rumah Quran Daarut Tarbiyah) di Rumah Quran Depok. Pesan dari beliau bahwa dengan mendaki, kita akan mengetahui karakter orang sesungguhnya apakah ia egois, perhatian, suka menolong, cepat, atau lambat. Mendaki bukan semata-mata menaklukkan gunung kemudian kita berbangga diri, tetapi bagaimana kita memahami alam ciptaan Allah yang patut kita syukuri kebesarannya. Selain itu, beliau menambahkan bahwa mendaki merupakan sarana mempererat ukhuwah, dimana yang berjalan cepat menunggu teman yang lambat, begitu juga sebaliknya, teman yang lambat bisa menyesuaikan dengan memepercepat jalannya. Benar, mendaki gunung melatih kita mempunyai Sikap Gede Sabare Gede Ikhlase (Besar sabarnya besar ikhlasnya).

Pendakian dimulai dengan melewati Jalur Gunung Putri. Langkah gontai, dan perasaan pesimis sempat mewarnai saat memulai mendaki. Selain itu, belum bisa mengatur nafas juga menjadi faktor seringnya istirahat. Perjalanan menuju alun-alun surya kencana menghabiskan hampir 8 jam perjalanan.

Sampai di Alun-alun surya kencana saya beristirahat dan memulai tilawah untuk menyelesaikan target khatam. Surya Kencana merupakan dataran seluas 50 hektar yang ditutupi hamparan bunga edelweiss dan berada pada ketinggian 2.750 mdpl. Suhu di tempat ini sangat dingin meskipun pada siang hari. Di tempat ini pula, saya bermalam untuk mempersiapkan perjalanan berikutnya menuju puncak.

Bada sholat subuh, saya berangkat menuju puncak. Suhu yang sangat dingin memaksa untuk memakai pakaian yang berlapis-lapis dan mengatur pola bernafas. Perjalanan ke puncak kurang lebih menghabiskan waktu satu jam.

Sesampai di puncak, saya mengabadikan kegiatannya dengan berfoto. Meskipun tidak bisa menikmati Sunrise, indahnya pemandangan cukup membuat saya terkagum akan kebesaran Ilahi. Selain itu, hamparan kota Cianjur-Sukabumi-Bogor terlihat dengan jelas atraksi geologi yang menarik dan pengamatan tumbuhan khas sekitar kawah.

Puas di Puncak, saya turun melewati jalur Cibodas menuju Kandang Batu dan Kandang Badak untuk berkemah dan beristirahat. Kemudian perjalanan berlanjut ke Air panas, pertigaan cibeureum sampai akhirnya ke basecamp untuk kembali menuju Depok.

Akhirnya, waktu pulang tiba. Sempat khawatir karena pulang terlalu malam dan dalam kondisi lelah karena paginya akan berangkat kerja, walaupun pada akhirnya selamat sampai tujuan.

IMG-20140610-WA0006

 

IMG-20140610-WA0045

Leave a Reply

Saya Yakin Anda Juga Tertarik Membaca:close