Agil Saputra

Memaknai Peristiwa dengan Limpahan Hikmah

Kenal lebih dekat dengan Generasi X, Y, Z

1. The Baby Bust – GEN X (lahir antara tahun 1965 – 1980)

Generasi ini cenderung suka akan risiko dan pengambilan keputusan yang matang akibat dari pola asuh dari generasi sebelumnya, Baby Boomers. Generasi ini terlahir pada masa-masa adanya gejolak dan transisi serta menyaksikan berbagai konflik global seperti Perang Dingin, Perang Vietnam, jatuhnya Tembok Berlin. Generasi ini cenderung lebih toleran, menerima berbagai perbedaan yang ada. Selain itu, dari segi teknologi informasi,

generasi ini mulai mengenal yang namanya komputer sehingga generasi ini mulai berpikir secara inovatif untuk mempermudah kehidupan manusia.

Generasi X Dikenal dengan sebutan 1 th Generation dan Baby Bust. Kata gen X digunakan pertama kali oleh fotograger Hungaria lalu dipopulerkan oleh Douglas penulis Novel tahun 1991. Orang yang lahir pada masa ini dikenal dengan pemecah masalah yang sangat handal dan good manajer.

Generasi ini sudah mulai dikembangkan komputer, video games, TV kabel, dan internet, hanya saja penggunaannya belum terlalu popular. Generasi ini juga pernah menjumpai floopy disk atau disket untuk penyimpanan data di komputer. Generasi X juga mengalami masa kejayaan video games seperti Nintendo, Sega, Atari, Game and Watch.

Karakteristik Generasi X

Ciri-ciri generasi X adalah sebagai berikut:

1. Karakteristik Khusus

Generasi X mempunyai karakteristik mandiri, pragmatis, mementingkan kesinambungan, menyenangkan, berpikiran luas, suka dengan keragaman, memiliki jiwa pengusaha, emiliki ekspektasi kerja tinggi, lebih menyukai pekerjaan yang tidak formal, dan cenderung skeptis.

2. Lingkungan kerja yang disukai

Generasi X menyukai suasana kantor yang tidak kaku, jenjang karier yang jelas dan cepat, suasana kantor dengan cara kerja yang efisien dan fleksibel, dan informasi yang jelas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan manajemen perusahaan.

3. Kewajiban Kerja

Generasi X tidak menyukai kekuasaan dari pihak tertentu, tidak suka dengan persyaratan kerja yang kaku, tidak sabar, sinis, menolak aturan, dan tidak memiliki prospek jangka panjang.

4. Etika dalam bekerja

Generasi X mempunyai sikap skeptis, mandiri, bekerja pintar (efisiensi cara dan waktu) dengan hasil yang bagus, menyukai struktur yang jelas dalam perusahaan, meminimalisir pekerjaan.

5. Komunikasi

Dalam hal komunikasi, generasi X tidak suka berbasa-basi, generasi ini lebih suka melalui e-mail daripada penjelasan melalui personal chat, cara berkomunikasi yang informal, dan suka berbicara lugas dan langsung pada inti pembicaraan.

Generasi X sangat terbuka dengan kritik dan saran agar lebih efisien dalam bekerja. Pandangan mereka adalah bekerja untuk hidup, bukan hidup untuk bekerja sehingga kehidupan antara pekerjaan, pribadi, dan keluarga cenderung seimbang.

2. The Echo of the Baby Boom – GEN Y (lahir antara tahun 1981 – 1994)

Generasi ini juga populer dengan sebutan Milenial Generation, Generation next, Net Gen, dan Echo Boomers yang lahir sekitar tahun 1981 hingga 1994.

Di era ini, selain komputer sudah menjamur, ditambah lagi dengan berkembangnya videogames, gadget, smartphones dan setiap kemudahan akan fasilitas berbasis computerized yang ditawarkan serta kecanggihan internet, membuat Generasi Y menjadi

suatu generasi yang mudah mendapatkan informasi secara cepat. Pola pikir dan karakter generasi ini dapat dikatakan generasi penuh ide-ide visioner & inovatif untuk melahirkan generasi yang memiliki pengetahuan dan penguasaan IPTEK.

Bagi kita yang saat ini menginjak usia 20-30 tahun, tentunya Anda adalah Generasi Y dan kini sedang dalam masa akhir perkuliahan dan memasuki dunia kerja. Manfaatkan usia Anda untuk segera memiliki perencanaan keuangan yang mapan sebagai persiapan menuju usia 30an.

ciri-ciri dari generasi Y adalah sebagai berikut:

1. Karakteristik khusus

Generasi ini mempunyai karakteristik realistis, disiplin, mementingkan prestasi kerja, penuh keinginan, memiliki kepercayaan diri yang baik, memanfaatkan teknologi, suka dengan perbedaan, dan memiliki toleransi yang tinggi

2. Lingkungan kerja yang disukai

Generasi Y menyukai suasana kerja yang kekeluargaan, fleksibilitas, selalu memberikan tantangan baru, dan kolaborasi antara rekan kerja yang baik.

3. Kewajiban kerja

Generasi ini adalah generasi yang pekerja keras, berekspektasi tinggi,

mematuhi deadline, membutuhkan struktur yang jelas dalam bekerja, berorientasi pada cara kerja, lembur bukan masalah besar, dan tempat kerja adalah rumah kedua.

4. Etika dalam Bekerja

Generasi ini ambisius dan multitasking, selalu mencari tantangan, suka membangun usaha sendiri, giat dan ulet bekerja.

5. Komunikasi

Ketika hal yang diperbincangkan sangat serius, lebih baik bicara empat mata walaupun diawali dengan chat personal, meski sopan, namun tidak suka dengan pembicaraan dengan gaya serius, menyapa lebih dulu.

Karakteristik Generasi Y

Generasi Y cenderung bertanya dan meminta kritik serta saran untuk kemajuannya. Mereka menganggap bahwa rewards terbaik adalah perasaan ketika pekerjaannya dinilai berarti bagi hal-hal tertentu.

Keseimbangan gaya hidup dan pekerjaan menjadi hal yang paling penting bagi mereka Generasi Y. Karenanya, mereka cenderung mencari pekerjaan yang dapat menunjang gaya hidup. Jika tidak, mereka cenderung berhenti dari pekerjaan tersebut.

Perbedaan Generasi X, dan Y

3. Generation Net – Generation Z (lahir antara tahun 1995 – 2010)

 Disebut juga dengan nama iGeneration, generasi net, atau generasi internet. Generasi ini adalah peralihan dari Generasi Y dimana teknologi sedang berkembang. Pola pikir mereka cenderung serba ingin instan. Kehidupan mereka cenderung bergantung pada teknologi, mementingkan popularitas dari media sosial yang digunakan. Generasi ini  mampu mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu seperti nge-tweet menggunakan ponsel, browsing dengan PC, dan mendengarkan musik menggunakan headset (multitasking).

Apapun yang dilakukan kebanyakan berhubungan dengan dunia maya. Generasi Z ini sangat diuntungkan dengan kemajuan infrastruktur yang memungkinkan internet diakses mudah dan cepat, dan lumayan murah.

Sejak lahir Generasi Z sudah berhubungan dengan beragam aplikasi internet.

Sehingga generasi ini sangat mudah beradaptasi dengan teknologi komunikasi.

Teknologi sudah dikenal sejak kecil

Ciri-ciri generasi Z adalah sebagai berikut:

1. Merupakan generasi digital yang mahir dan gandrung akan teknologi informasi dan berbagai aplikasi komputer. Informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan pendidikan maupun pribadi akan mereka akses dengan cepat dan mudah.

2. Sangat suka dan sering berkomunikasi dengan semua kalangan khususnya lewat jejaring sosial seperti facebook, twitter atau SMS. Melalui media ini mereka jadi lebih bebas berekspresi dengan apa yang dirasa dan dipikir secara spontan.

3. Cenderung toleran dengan perbedaan kultur dan sangat peduli dengan lingkungan.

4. Terbiasa dengan berbagai aktifitas dalam satu waktu yang bersamaan. Misalnya membaca, berbicara, menonton, dan mendengarkan musik secara bersamaan. Hal ini karena mereka menginginkan segala sesuatu serba cepat, tidak bertele-tele dan berbelit-belit..

5. Cenderung kurang dalam berkomunikasi secara verbal, cenderung egosentris dan individualis, cenderung ingin serba instan, tidak sabaran, dan tidak menghargai

Generasi X, Y, dan Z masing-masing mempunyai sifat positif dan negatif. Dengan memahami perbedaan mereka, diharapkan para pendidik atau para pemimpin perusahaan dapat mengerti individu-individu dari tiga generasi ini sesuai dengan ciri khas nya. Tentunya tantangan generasi Z lebih besar daripada generasi Y atau X sebagai generasi sebelumnya.

Bagi para generasi X dan Y yang sudah dan akan memiliki generasi Z atau Alpha sebagai generasi penerusnya tentu harus sudah memahami karakteristik generasi termuda ini. Generasi ini patut diawasi terutama penggunaan internetnya, tapi tentunya tidak dikerasi. Sebagai orang tua, generasi X dan Y harus bersikap tegas tapi lembut dan sabar, membangun dialog dan komunikasi yang sehat serta terbuka, hadir secara utuh mendampingi mereka, serta memberikan pendidikan dengan nilai karakter positif dengan penuh cinta.

Pola kehidupan generasi Z

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.