Langkah Awal Langkah Perbaikan

Ramadhan Telah Pergi, Hari Kemenangan pun kita raih. Kemenangan yang kita rayakan setelah perjuangan melawan hawa nafsu selama satu bulan. Namun, apakah kita mampu mempertahankan kemenangan ini? Bukankah perjuangan sebenarnya adalah 11 bulan kedepan, saat syaitan-syaitan mulai dilepas untuk ‘menggoda’ manusia lagi, saat kita begitu sulitnya untuk kembali berpuasa senikmat puasa ramadhan, sulit beramal semudah saat ramadhan, saat beratnya membuka mata untuk bangun malam, dan saat urungnya tilawah men-taddaburi kalimat-kalimat Allah.

Mempertahankan lebih berat dari meraih, Apa yang sudah di genggaman belum tentu bisa tergenggam kuat. Saat tangan kita lelah, maka dengan mudah melepaskan apa yang kita genggam tersebut. Bagaimana cara kita mempertahankan kemenangan ramadhan? Jangan sampai Kemenangan kita direbut kemenangan syaitan karena mereka telah leluasa untuk mengganggu manusia lagi.

Salah satu meningkatkan Keimanan kita adalah dengan banyak-banyak beramal dan menyebar kebaikan. Saat Kita bisa berbuat baik kepada orang lain, hati akan terasa adem Karena keberadaan kita bermanfaat bagi orang lain. Lalu, Bagaimana cara memulainya?. Kita tentu sudah mengenal tiga kalimat Aa Gym yang sudah mendunia, yaitu mulailah dari diri sendiri, mulailah dari yang kecil, dan mulailah dari sekarang. Memulai pun harus dengan tindakan yang baik, jangan sampai kita niat memulai tapi tidak tahu langkah awal yang akan dilakukan. Memulai langkah awal untuk perbaikan dan mempertahankan sangat penting, salah satunya dengan mengembangkan tindakan-tindakan baik tersebut kepada orang lain.

Pay It Forward

Salah satu Langkah perbaikan adalah dengan menginspirasi orang orang lain, bisa kita mulai dari orang terdekat. Memulai dari yang terkecil kemudian akan menjadi besar dengan tindakan awal yang kita lakukan. Memulai Kebaikan dari yang kecil mengingatkan saya pada sebuah film tentang sebuah tindakan kecil yang berdampak besar bagi kehidupan manusia. Film tersebut berjudul Pay it Forward.

Pay It Forward adalah sebuah Film drama Hollywood yang diproduksi pada tahun 2000. Film yang disutradarai oleh Mimi Leader itu mengisahkan tentang sebuah ide sederhana dari seorang anak kecil berusia 11 tahun bernama Trevor. Bocah kecil ini hidup bersama ibunya, Arlene, seorang pemabuk dan single parent.

Trevor Saat Mengenalkan Konserp Pay It Forward

Kisah film tersebut berawal pada saat seorang guru ilmu social di sekolah Trevor memberikan sebuah tugas. Sang guru, Mr. Simonet, meminta para murid memikirkan sebuah ide yang dapat mengubah dunia. Para Murid juga diminta untuk mewujudkan idenya ke dalam tindakan nyata.

Pada saat itulah, Trevor mencetuskan ide Pay It Forward atau bayar dimuka. Inti dari ide Trevor adalah bahwa ia hanya perlu menolong tiga orang. Pertolongan itu harus dalam bentuk yang nyata dan tidak bisa dilakukan oleh orang yang akan ditolong. Setiap orang yang telah ditolong harus menolong tiga orang lain, begitu seterusnya.

Trevor memutuskan tiga orang yang akan menjadi bahan eksperimen adalah seorang pemuda gembel pecandu narkoba bernama Jerry, Mr. Simonet yang masih hidup membujang, dan seorang teman sekelas yang selalu diganggu oleh sekelompok anak nakal bernama Adam.

Trevor melihat ibunya sangat kesepian, tidak punya teman untuk berbagi rasa, telah menjadi pecandu minuman keras. Trevor berusaha menghentikan kecanduan ibunya dengan cara rajin mencampur minuman alcohol dengan air putih sedikit demi sedikit hingga akhirnya dalam botol tersebut berisi air.

Ide Trevor mulai berjalan. Jerry dibantu Trevor dengan cara membelikan baju, sepatu, dan perlengkapan lain untuk modal bekerja serta menyadarkannya agar tidak terlibat narkoba.Uang itu diambil dari tabungan trevor. Ketika Jerry mengucapkan terima kasih, Trevor hanya menjawab, “Pay It Forward”.

Jerry kemudian membantu memperbaiki mobil ibunda Trevor yang rusak tanpa diminta. Sang ibu yang melihat perhatian si anak yang begitu besar menjadi terharu, saat sang ibu mengucapkan terima kasih, Trevor menjawab, “Pay It Forward”

Ibu Trevor yang terkesan dengan apa yang dilakukan anaknya terdorong untuk meneruskan kebaikan yang telah diterimanya itu dengan pergi ke rumah ibunya (Nenek si Trevor). Hubungan mereka telah rusah selama bertahun-tahun dan mereka tidak pernah bertegur sapa. Kehadiran sang putri untuk meminta maaf dan memperbaiki hubungan diantara mereka membuat nenek Trevor begitu terharu. Ketika Nenek Trevor mengucapkan terima kasih, dibalas ibu Trevor dengna ucapan, “Pay It Forward”.

Sang nenek yang begitu bahagia karena putrinya mau memaafkan dan menerima dirinya kembali, meneruskan kebaikan tersebut dengan menolong seorang pemuda yang sedang ketakutan karena dikejar polisi untuk bersembunyi di mobil si nenek. Setelah aman, si pemuda mengucapkan terima kasih, si nenek pun menjawab dengan kata-kata. “Pay It Forward”.

Si Pemuda yang terkesan dengan kebaikan si nenek terdorong untuk meneruskan kebaikan tersebut dengan meberikan nomor antreannya di rumah sakit kepada seorang gadis kecil yang sakit parah agar lebih dulu mendapatkan perawatan. Ayah si gadis kecil itu begitu berterima kasih kepada si pemuda ini, dan dijawab oleh pemuda itu dengan ucapan, “Pay It Forward”.

Ayah si gadis kecil yang ternyata konglomerat terkesan dengan kebaikan si pemuda. Orang kaya itu pun terdorong untuk meneruskan kebaikan tersebut dengan memberikan mobilnya kepada seorang wartawan TV yang mobilnya mogok saat sedang meliput suatu acara. Saat sang wartawan berterima kasih karena mendapatkan rezeki nomplok berupa jaguar, ayah sigadis menjawab, “Pay It Forward”.

Sang Wartawan yang begitu terkesan dengan kebaikan ayah si gadis bertekad untuk mencari tahu dari mana asal-muasal istilah “Pay It Forward” tersebut. Naluri jurnalistiknya mendorongya untuk menelusuri mundur demi mencari informasi. Dimulai dari ayah si gadis, pemuda yang memberi antrean nomor rumah sakit, nenek yang melindungi pemuda, ibunda Trevor yang memaafkan nenek Trevor, sampai kepada si Trevor yang mempunyai ide tersebut. Dengan bantuan sang wartawan, Trevor pun muncul di televisi.

Namun umur Trevor sangat singkat, dia ditusuk pisau saat akan menolong teman sekolahnya, Adam, yang selalu diganggu oleh para berandalan. Selesai pemakaman Trevor, betapa terkejutnya sang ibu melihat ribuan orang tidak dikenal tidah henti-hentinya datang dan berkumpul di halaman rumahnya sambil meletakkan bunga dan menyalakan lilin tanda ikut berduka cita dengan kematian Trevor. Trevor sendiri pun sampai akhir hayatnya tidak pernah menyadari dampak yang diberikannya kepada banyak orang, hanya dengan melakukan kebaikan kepada orang lain.

Meskipun Trevor meninggal dalam usia yang sangat muda, itu jauh lebih baik dibandingkan dengan orang tua yang meninggal, namun tidak meninggalkan inspirasi apa pun. Trevor memang pergi terlalu cepat, namun ia telah mampu menginspirasi banyak orang dan mampu membuat perubahan yang berarti.

Memang itu hanyalah sebuah film. Dari menyimak film itu, muncul khayalan, seandainya setiap orang punya proyek sosial yang dilakukan seperti Trevor, mungkin dunia saat ini jauh lebih baik. Umat islam akan saling membantu dan saling tolong menolong antar sesama (Hablumminannas).

Memulai sesuatu (termasuk bagi saya) memang mengeluarkan banyak energi. Bisa jadi saat kita bertindak ada rasa lelah, kesal, kecewa, dan takut dicerca. Namun, ini adalah sebuah proses, suatu tindakan bagaimana caranya agar berhasil dan memberikan manfaat bagi orang lain.

Kita sangat familiar dengan pepatah, “Perjalanan seribu mil selalu diawali langkah pertama”, mari bersama-sama melangkah, walau mungkin saat ini terlihat kecil.

Sumber:
–          Resensi film Pay It Forward
–          Jamil Azzaini, dalam bukunya Makelar Rezeki

3 Comments

  1. anas isnaeni August 14, 2013 11:24 am Reply

    just do it, right? that’s message… sering memang saking dipikirin sebegitunya, e jadinya malah ndak ngapa2in 😀

    well, kalau udah baca tulisan ini dan terinspirasi, harus pay it forward kan juga gak nih? 😀
    *jadinya harus bikin tiga tulisan lain dengan senada hohoho*

    • Agil Saputra August 14, 2013 12:53 pm Reply

      Iya Dong, Mudah-mudahan Terinspirasi dan Share Artikel ini juga bagian dari tindakan Pay It Forward… :p

      http://Agilsaputra.com/

Leave a Reply

Saya Yakin Anda Juga Tertarik Membaca:close