PERISAI MIMPI, Lebih dari Sekadar Mimpi!

PERISAI MIMPI merupakan Kegiatan yang diselenggarakan oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) berkerjasama dengan SPEAK (Spesialisasi Anti Korupsi) STAN. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, Rabu-Kamis tanggal 23-24 Mei 2012, menghadirkan sekitar 20 peserta, semuanya dari anggota SPEAK dan 3 Nara sumber dari KPK Direktorat Pendidikan, Mbak Irawati, Mas Dani, dan Mas Doni, orang-orang luar biasa yang membimbing kami selama dua hari untuk meningkatkan kualitas sebagai pribadi yang pandai dalam komunikasi, dan public speeaking.

Acara dimulai dengan Perkenalan masing-masing anggota, kemudian dilanjutkan dengan pengisian materi oleh Mbak Irawati. Materi pertama tentang Komunikasi Efektif. Tujuan Dari Komunikasi adalah untuk Memperoleh Informasi, Motivasi, Membuat Janji, Memberi Nasihat, dll. Ternyata 70% kesalahan di dunia kerja adalah hasil dari Komunikasi yang buruk, oleh karena itu, komunikasi yang efektif sangat dibutuhkan dalam dunia kerja nanti. Sepakat?? hehe

Kutipan dari Jeff Mowatt menyebutkan bahwa “To create a positive first impression, we need to know how to connect immediately with others regardless of their age, gender, ethnic background, mood, or the situation.” Menjelaskan bagaimana kita memposisikan diri saat memulai berkomunikasi. 😉

untuk lebih memahami arti penting komunikasi, maka diadakan simulasi berupa Games. Games Kali ini dibimbing oleh Mas Doni, ada dua jenis game yang kami ikuti yaitu memotong selembar kertas agar bisa membuat lingkaran besar, dan bagaimana menjatuhkan telur agar tidak pecah dengan alat bantu tisu dan Sedotan. Intinya permainan itu mengajarkan kita untuk komunikasi sesama anggota demi tercapainya sebuah tujuan.

Mas Doni juga memberikan Materi, yaitu tentang Rencana Pembelajaran, (Lesson Planning), Apa itu?, Rencana Pembelajaran merupakan Sekumpulan catatan yang dipersiapkan oleh trainer untuk menunjukkan urutan logis materi yang disampaikan pada sesi pelatihan. Tujuannya untuk memberikan gagasan yang jelas mengenai apa yang akan dilakukan, sebagai catatan sesi pelatihan oleh trainer, dan memberikan suatu dasar untuk mengawali pelatihan jika akan diberikan kepada siswa lain.

Materi Ketiga, Dibawakan Oleh Mas Dani. Materi ini mengenai Teknik Public Speaking, bagaimana Gaya Berbicara kita di depan umum yang efektif saat membawakan presentasi. Beliau menjelaskan bahwa Kecerdasan Komunikasi terkadang tidak sejalan dengan kecerdasan logika, orang yang pandai bicara mempunyai kecerdasan komunikasi yang tinggi, walaupun tidak diimbangi dengan kecerdasan logika. Kegiatan ini bertujuan agar kami bisa melakukan public speaking dengan baik, oleh karena itu pada hari kedua, kami akan melakukan simulasi bagaimana public speaking dengan baik.

Hari Kedua

Pada hari kedua dipenuhi dengan praktik terkait materi yang telah didapatkan di hari pertama. Simulasi Presentasi dibagi perkelompok, dan masing-masing kelompok menyajikan gaya yang berbeda-beda. Ada gaya serius dan juga ada yang ceria membawakannya. Berbagai masukan telah dibaerikan kepada kami, mulai dari gaya tubuh, sampai dengan power saat berkomunikasi.

Feedback:
acara seperti ini sangatlah penting, karena dapat memberikan pelatihan dan peningkatan potensi dalam berkomunikasi, kami sangat berterimakasih kepada Pihak Dari KPK yang telah memberikan Pelatihan ini, Pelatihan yang bukan sekadar mimpi, tapi sudah menjadi sebuah kenyataan, bahwa kami pun bisa berbuat untuk lebih baik lagi. 😉

2 Comments

  1. mascah May 26, 2012 12:51 pm Reply

    wah,,kudu siap2 memperlancar berbagai macam bahasa ni..hehe

    http://brighten2nd.wordpress.com

    • Wahyu Ragil Saputro May 26, 2012 7:38 pm Reply

      Iya Dong, Penting itu Cah, hehe

Leave a Reply

Saya Yakin Anda Juga Tertarik Membaca:close