Pesta Demokrasi #MiniaturIndonesia Pemilihan Kepala Desa Padek

       Ahad, 16 Desember 2012, diselenggarakan Pemilihan kepala desa di desa Padek, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang. Di Kecamatan Ulujami sendiri, setidaknya ada 3 desa yang menyelenggarakan Pilkades secara bersamaan. Pemilihan dilaksanakan pukul 08.00-13.00, sedangkan penghitungan suara pukul 13.00-15.00.

     Dua calon telah bertarung memperebutkan kursi kepala desa. Calon pertama merupakan Kepala Desa yang sekarang sedang menjabat, yaitu Ibu Minaroh yang mengusung lambang ketela, sedangkan calon yang kedua adalah Bapak Hartoyo yang mengusung lambang padi. Bapak Hartoyo  merupakan calon baru yang menyalonkan diri tahun ini.

     Pelaksanaan pemilihan kepala Desa merupakan bagian perjalanan demokrasi. Demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang dilaksanakan oleh Indonesia saat ini.  Sudah beberapa tahun dilaksanakan dan sudah beberapa kali pula pemilihan umum dilaksanakan.

    Pemilihan kepala desa merupakan gambaran dari pemilihan umum, walaupun dalam taraf dan jumlah pemilih yang lebih kecil. Namun, proses LUBER dan JURDIL tetap menjadi prioritas utama dalam pelaksanaannya.Camera 360

(Kondisi Pemilihan kepala desa)

      Pemilihan tahun ini, saya berkesempatan untuk memberikan hak pilih, setelah tahun-tahun sebelumnya tidak bisa ikut serta karena kuliah. Saat ada kesempatan libur selamat empat hari, sabtu-selasa, berharap dapat memanfaatkannya dengan baik.

     Pemilihan berjalan dengan lancar, walaupun sempat diguyur hujan menjelang pukul 10 pagi. Namun acara dilanjutkan saat hujan telah reda. Sama seperti tiga ribuan warga yang lain, Saya pun ikut melaksanakan pemilihan, walaupun baru memilih saat satu jam sebelum proses pemilihan ditutup.Camera 360

(walaupun sempat hujan, pemilihan tetap berlangsung)

 

Lebih Meriah dan Unik

       Pemilihan Kepala desa periode ini terbilang berbeda dengan tahun sebelumnya. Walaupun Atribut kampanye masih terpasang di jalan saat hari H, antusias warga lebih tinggi dalam berkontribusi untuk menyampaikan hak pilihnya. Warga yang sudah sepuh (tua) dan cacat juga ikut dalam pemilihan ini.

     Lebih unik lagi, saat ada mobil antar jemput warga yang akan memilih. Lalu lalang di depan Rumah membuat jalan tampak ramai. Pemilih diuntungkan dengan adanya mobil ini, Mereka bisa lebih cepat menuju ke tempat pemilihan suara tanpa harus jalan. Namun, saya sendiri masih belum mengetahui apakah dalam peraturan diperbolehkan, karena kedua calon menyewa mobil ini dan di setiap mobil dipasang atribut kampanye masing-masing calon.

      Terlepas dari itu semua, Pemilihan Kepala Desa kali ini labih baik dari tahun kemarin, lebih meriah dan mempunyai banyak kemajuan. Semoga bisa menjadi bahan pembelajaran untuk pemilihan selanjutnya.

tanda tangan

One Comment

  1. Ahmad Baihaqi December 19, 2012 5:11 pm Reply

Leave a Reply

Saya Yakin Anda Juga Tertarik Membaca:close