Program Induksi DJPBN: Salam Cinta, Senasib, dan Seperbendaharaan!

Setelah Resmi Pengumuman Penempatan Instansi, Akhirnya lulusan STAN 2012 mulai berpisah mengikuti kegiatan yang diselenggarakan masing-masing instansi tersebut. Ada yang sudah siap dan tidak sabar dengan program awalnya di kantor yang baru, ada juga yang masih setengah semangat untuk mengikuti agenda Instansi yang dahulutidak menjadi pilihannya.

Ditjen Perbendaharaan Negara (DJPBN) sebagai salah satu Instansi di bawah Kementerian Keuangan menyelenggarakan Program Induksi untuk Pegawai CCPNS Khusus dari Lulusan STAN 2012. Program ini terdiri dari Overview Class, Outbond, On The Job Training (OJT), dan Diklat Teknis Substansi Dasar (DTSD).

Berbeda dengan Instansi lain yang langsung On The Job Training, DJPBN mempunyai jadwal yang cukup longgar. Terhitung masuk satu pekan lebih lambat dari instansi lain sejak Lapor Instansi. Namun demikian, kegiatan ini tidak menyurutkan rasa penasaran peserta program induksi.

Program dimulai dengan Overview Class. Kegiatan yang diadakan selama tiga hari (7-9 oktober 2013) ini berisi Pengenalan Direktorat-direktorat yang ada di Ditjen Perbendaharaan. Setidaknya ada 7 Direktorat yaitu direktorat Pelaksanaan Anggaran, Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Direktorat Sistem Manajemen Investasi, Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum, Direktorat Pengelolaan Kas Negara, Direktorat Transformasi Perbendaharaan, Direktorat sistem Perbendaharaan, 1 Sekretariat Direktorat. Selain itu, juga ada pemaparan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), Kanwil, dan Kantor Khusus Pinjaman dan Hibah. Tugas Pokok dan Fungsi dapat dikunjungi disini.

Saat acara, banyak peserta yang antusias dan beberapa telah menjawab rasa penasaran terkait tugas pokok dan fungsi dari masing-masing direktorat.

Suasana Overview Class

Kegiatan kedua setelah Overview class adalah Outbond, bertempat di Citarik Sukabumi dan berlangsung selama tiga hari (9-11 Oktober 2013). Tujuan Kegiatan ini adalah agar peserta lebih mengenal dengan Alam mengingat kondisi geografis kantor yang akan ditempati berbeda-beda.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kegiatan DJPBN mengutamakan orientasi kepada persiapan mental. Peserta disiapkan untuk tahan terhadap kondisi alam yang sewaktu-waktu dapat berubah-ubah. Outbond, Rafting, dan Flying Fox, merupakan sarana untuk meningkatkan mental agar tidak takut terhadap tantangan alam.

Pasukan Biru DJPBN sebelum mengikuti Pembukaan dan berbagai agenda di Citarik, Sukabumi

Pembukaan acara Outbond oleh Kepala Bagian Kepegawaian

serunya Rafting! 😀

Banyak tanggapan positif dari teman-teman DJPBN terkait acara Overview class dan Outbond. Berikut ini tanggapan peserta yang diambil dari twit-twitnya ke @ditjenpbn2013:

->@josuaheri

@ditjenpbn2013 luar biasa min! Outbondnya seru, rafting & flying fox-nya apalagi! Smuanya kereeen min! Salut ama panitia :’))

-> @KoniRoyyan

Touchdown kosaan!! What a nice weekdays with @ditjenpbn2013! Terima kasih kpd semua pihak yang terlibat :).

-> @T_Har

Sinyal yg telah hilang beberapa hari. :’D. Nice memories at Citarik Sukabumi. Well Done.

->@aryoansah

Program induksi dan orientasi @ditjenpbn2013 selama 5 hari ini bikin perut gw buncit! Aseek aseek joss!!!

Ada Video yang belum sempat ditampilkan oleh salah seorang peserta sebagai persembahan kepada Panitia dan semua yang hadir dalam acara. Video berdurasi sekitar 4 menit ini berisi perjalanan Peserta sampai diterimanya sebagai insan Perbendaharaan. Bagi yang penasaran dengan video sederhana ini, bisa di download di link ini.

Program Induksi masih Menyisakan On The Job Training dan Diklat Teknis Substansi Dasar beberapa bulan ke depan. Semoga setiap kegiatan memberikan manfaat, memupus rasa penasaran, dan tentunya memberikan kekuatan mental untuk tantangan ke depan sehingga peserta bisa semakin mencintai Indonesia melalui Instansi ini.

Salam Cinta, Senasib, dan Seperbendaharaan!

Leave a Reply

Saya Yakin Anda Juga Tertarik Membaca:close