Sebuah Renungan

Kalau kita mencoba untuk merenung sejenak dan melupakan semua kesibukan sehari-hari maka kita akan menyadari kalau manusia zaman sekarang ini paling lama umurnya 80 tahun. Itu pun sudah termasuk panjang umur.

Tetapi kita sering lupa akan hal ini sehingga kita mati-matian mengejar uang, harta, jabatan dan mengabaikan hati nurani kita. Kita menginjak dan menghina orang yang tidak seberuntung kita dan kita menjilat serta mencari muka terhadap orang kaya dan berpangkat.

Kita menilai orang dari mobil, rumah, harta, atau jabatannya dan bukan pada pribadi seseorang. Ini yang membuat kita menjadi orang yang egois, serakah, sombong, materialis dan membutakan hati nurani kita sendiri.
Masing-masing orang bersaing untuk saling melebihi dan pamer kekayaan, pamer rumah, pamer mobil, dan lain-lain. Padahal itu semua hanya membuat orang yang tidak seberuntung kita menjadi panas dan iri hati.

Untuk itu kita harus sadar dan ingat bahwa hidup ini tidak semata-mata mengejar uang, jabatan, tapi yang utama hidup ini harus kita isi dengan perbuatan-perbuatan yang berguna dan bermanfaat baik bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain.

Itu semua membuat kita merasa puas, bahagia, rendah hati dan mempunyai empati terhadap orang yang tidak seberuntung kita. Rejeki kita tidak akan habis, malahan rezeki kita akan lancar dan tidak terputus bila kita mau membagi sebagian dari rezeki kita untuk orang-orang yang memang benar-benar membutuhkan bantuan kita.

Marilah hidup ini kita isi dengan perbuatan-perbuatan yang berguna dan bermanfaat baik bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain.

2 Comments

  1. orderdesign May 22, 2012 12:12 pm Reply

    Yap sangat toleran sekali… andai semua orang di hatinya tertanam seperti itu pasti kehidupan akan menjadi lebih damai.
    Kehidupan yang kita jalani adalah anugrah maka baiknya kita bijak dalam menjalaninya. Saling menghormati juga menghargai tetapi juga saling mengingatkan karena di setiap kejadian yang kita alami di dunia memang sudah kehendaknya dan sangat beruntung sekali jika kita dapat mengambil hikmah serta paham atas maksut dan tujuaannya 🙂

    http://orderdesign.wordpress.com

    • Wahyu Ragil Saputro May 22, 2012 12:43 pm Reply

      Semoga kita senantiasa dalam ranah kebaikan, dan selalu mengevaluasi setiap perilaku yang telah kita lakukan, agar tercipta rasa saling menghargai. 🙂

Leave a Reply

Saya Yakin Anda Juga Tertarik Membaca:close