Seleksi Alam

Abah:    Adek Wahyu, bagaimana tanggapannya mengenai kasus KPK dengan POLRI?
Beta: Beta sih anggap ini proses seleksi alam, Bah. Tanpa katong sadari, mungkin ini proses Tuhan menyeleksi para pemimpin kedepan biar lebih bersih.
Abah: Betul ju… ya Dek, dua lembaga ini bisa sama-sama bersih.
Beta: Iya, Bah. Kalau lembaganya bersih kan katong ju.. yang merasakan.

Dialog ringan menanti sore di Kantor. Ringan perihal kasus yang berat, antara dua lembaga penegak hukum yang saling ‘menghukumi’ satu sama lain. Ada sisi khusus dalam kasus ini yang mungkin tidak semua orang bisa melihatnya. Banyak yang beranggapan, penangkapan pimpinan KPK sebagai aksi balas dendam yang dilakukan POLRI. Ada juga yang beranggapan, pimpinan KPK sedang bermain api karena berani memvonis ‘tersangka’ kepada Jenderal di jajaran POLRI. Bagi saya, kedua lembaga hukum ini justru sedang melakukan proses pembersihan. Tugas kita adalah memantau dan menghormati proses hukum yang sedang berlangsung pada pejabat-pejabat kedua lembaga hukum ini.

KPK yang selama ini kita kenal bersih, ternyata banyak yang pimpinannya terkena proses hukum. Mengutip kata Anas Urbaningrum “kalau ada pimpinan KPK diproses secara terbuka, adil, dan transparan, itu justru baik bagi KPK”. Beliau menambahkan bahwa proses hukum tersebut akan menolong KPK menjadi lembaga yang kredibel. Begitu juga dalam Institusi POLRI. Lembaga ini juga akan menjadi lembaga penegak hukum yang bersih. Anggap saja, ini adalah proses bersih-bersih yang kita mulai dari dua lembaga ini sebelum ke institusi lain. Jika ada bagian yang kotor, proses hukum justru membantu Institusi ini terjaga kebersihannya

seleksi-karyawan

Pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari kasus ini adalah bahwa saat ini kita sedang ikut dalam proses seleksi alam untuk menjadi pemimpin pada 10 atau 15 tahun mendatang. Saat ini kita harus bertindak hati-hati dengan semua yang kita lakukan dengan pekerjaan. Bisa jadi pelanggaran atau kesalahan yang kita lakukan hari ini menjadi penghalang dalam proses menjadi pimpinan suatu saat nanti. Salam.

Leave a Reply

Saya Yakin Anda Juga Tertarik Membaca:close