STUDI LAPANGAN STAN 2012 di DPPKAD Kota Pekalongan: “20 Hari Mengabdi”

Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah menjadi tempat kegiatan studi lapangan Mahasiswa STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) Selama 20 Hari, dari tanggal 11 Juni sampai 6 Juli 2012. Kegiatan Studi Lapangan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan oleh mahasiswa spesialisasi akuntansi semester 6 dengan tujuan mempersiapkan diri menuju dunia kerja dan sebagai Tugas Akhir bagi mahasiswa STAN.Mahasiswa yang melakukan studi lapangan di DPPKAD Kota Pekalongan berjumlah 6 orang. 3 orang ditempatkan di bidang akuntansi, 2 orang di bidang aset, dan 1 orang di bidang Pajak dan Retribusi Daerah.

Selama 20 Hari mahasiswa dibimbing dan ikut melaksanakan pekerjaan kantor dengan tujuan memantapkan kemampuan praktik yang selama ini tidak didapatkan dikampus.

‘Secara teori mungkin mahasiswa STAN sudah hafal, tapi setelah terjun di lapangan kami menjadi lebih paham dan tidak sekedar hafal’ Ungkap Akhyat, salah seorang mahasiswa yang ditempatkan di bidang Aset. ‘pastinya, banyak manfaat dan pembelajaran yang bisa kita ambil dalam studi lapangan ini’ tambahnya.

Selama di Kantor, Mahasiswa terlihat senang dan menikmati, mulai dari kegiatan apel pagi sampai dengan pulang kantor.

Foto kegiatan setelah Apel pagi

Foto Di dalam Ruang kerja

Praktik itu lebih menyenangkan

Pemahaman Praktik dengan teori terkadang tidak selalu sama, itulah yang mahasiswa rasakan selama melaksanakan studi lapangan disini, mahasiswa yang selama ini hanya tahu proses akuntansi secara teori, mulai dari membaca buku sampai dengan membaca peraturan-peraturan, akhirnya bisa merasakan proses yang sesungguhnya di Lapangan. Mahasiswa menjadi memahami proses pembuatan SP2D, rekonsiliasi SPJ GU, input data ke Sistem Akuntansi (SIMDA), rekonsiliasi, Posting, penghitungan pajak, pemeriksaan Aset, sampai dengan proses pembuatan Laporan Keuangan.

‘mungkin kalo tidak PKL disini tidak akan tahu bentuk SPJ-GU itu seperti apa, hahaha’, ungkap Matin, salah satu mahasiswa yang diwawancarai saat bekerja di bidang akuntansi.

Foto saat bekerja di kantor

            Selain itu, berinteraksi dengan pegawai-pegawai juga memberikan kesan tersendiri. Pegawai-pegawai yang ramah, kompeten, dan profesional, membuat mahasiswa merasa senang berada di kantor. Mahasiswa mendapat banyak ilmu baru yang belum pernah didapatkan sebelumnya lewat bimbingan-bimbingan dan arahan dari para pegawai.

Hal yang sama juga dirasakan oleh salah seorang pegawai,  ‘Kegiatan Studi lapangan dari STAN membuat kami merasa sangat terbantu, senang, dan ini baru pertama kali ada mahasiswa STAN di kantor ini jadi bisa menambah pengalaman’ ungkap salah seorang pegawai di bidang. Selain itu, saat kami mewawancarai pegawai yang lain, hal yang sama juga mereka rasakan. ‘Dengan adanya Program Studi Lapangan dari STAN, kami merasa sangat terbantu mengenai hal pekerjaan, selain itu dapat memberikan informasi dan pengetahuan mengenai ilmu teknologi. Diharapkan kedepannya selalu sukses buat anak-anak STAN, khususnya yang Studi Lapangan di sini’, paparnya.

Tujuan dari kegiatan ini bisa terwujud baik bagi pegawai maupun bagi mahasiswa. Dan pada hari terakhir kegiatan Studi Lapangan ini, ada penyerahan kenang-kenagnan dari mahasiswa berupa plakat dan poster sebagai tanda terima kasih dari mahasiswa.

Foto penyerahan plakat

“kami mengucapkan terima kasih banyak kepada para pegawai yang dengan ikhlas mengajarkan, membimbing dan memberi masukan kepada kami. Tak lupa kami meminta maaf atas segala perbuatan yang kurang berkenan dan kami juga merasakan hanya sedikit sekali yang kami berikan. 20 hari memang sangat singkat, namun pengalaman memberikan kami segalanya.” Ungkap wahyu.

Terima kasih kepada:

–          Kepala Dinas DPPKAD

–          Sekretaris DPPKAD

–          Kassubag Kepegawaian

–          Kabid Aset, Kasie P2SH, DI, dan P3A

–          Kabid dan Kasie Pajak dan Retribusi

–          Kabid dan Kasie Akuntansi

–          Semua Pegawai DPPKAD

–          Teman-teman PKL dari STAIN

Oleh: Wahyu Ragil Saputro

tanda tangan
–end–

Leave a Reply

Saya Yakin Anda Juga Tertarik Membaca:close