Uang Kembalian Belanja Untuk Cerdaskan Anak Bangsa

Siapa yang menyangka sisa uang kembalian bernominal kecil (receh) yang bagi kita tidak bernilai saat belanja di pasar atau toko, bisa membuat anak bangsa menjadi cerdas. Mulai dari Akhir tahun 2012, Beberapa yayasan Melakukan program donasi untuk pendidikan anak bangsa dengan cara mengumpulkan uang dari sisa pengembalian uang belanja.

Salah satu yayasan yang melakukan program ini adalah Kick Andy Foundation, Yayasan yang dibangun oleh Andy F. Noya (Host program Kick Andy Show). Program ini bernama “Cerdaskan Bangsa dengan Buku“. Penggagas utama Program ini adalah SuperIndo Supermarket bersama dengan tim Kick Andy Foundation.

images

Baru 6 bulan bekerja, program ini telah mengumpulkan donasi sebesar Rp.1.018.891.921, Seluruh donasi yang terkumpul akan disalurkan dalam program pendidikan berupa pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan seperti buku, sepatu sekolah, ataupun perbaikan fasilitas pendidikan untuk sekolah dan taman bacaan yang kurang mampu. Selain dalam bentuk uang, melalui program ini para pelanggan Super Indo juga menyumbangkan buku bekas layak baca untuk disalurkan kembali pad ataman bacaan yang membutuhkan. Jumlah buku bekas layak baca yang sudah berhasil dikumpulkan hingga saat ini mencapai 32.344 buku dari seluruh Indonesia.

Bayangkan, itu baru satu supermarket yang berperan, dan hanya beberapa bulan bekerja. Jika semua supermarket di Indonesia bersama-sama berperan dalam mengumpulkan donasi dan rutin melakukan kegiatan ini, anak Indonesia akan mendapat pasokan buku, sarana dan prasarana yang tercukupi. Sehingga minat baca anak-anak Indonesia akan semakin meningkat.

Saya termasuk yang menganggap positif kegiatan ini, dan saya rasa pembaca juga demikian. Kita bisa ajak teman-teman, anggota keluarga untuk menyisihkan uang sisa belanja agar disumbangkan, daripada dibiarkan saja tidak terpakai. Setiap karyawan supermarket bisa menawarkan uang sisa belanja untuk disumbangkan, atau disediakan kotak donasi untuk membantu pendidikan anak-anak yang kurang mampu.

Semoga kegiatan ini terus berjalan dan semakin banyak yang ikut berpartisipasi. Ayo, Cerdaskan bangsa dengan buku!

Leave a Reply

Saya Yakin Anda Juga Tertarik Membaca:close